Saturday, February 24, 2018

Panduan Lengkap Aktivasi Internet Banking BRI dan nomor mTOKEN



Halo sobat semua, kali ini saya akan berbagi pengalaman gimana caranya aktivasi atau registrasi Internet Banking bank BRI. Sebelumnya untuk teman-teman yang belum tahu atau mungkin sudah pernah mendengar kata internet banking tetapi belum tahu apa itu dan apa sih fungsinya? jadi Internet Banking adalah sebuah fitur dari bank untuk memudahkan para nasabah ( pemilik rekening ) dalam melakukan transaksi rekening baik transaksi non-finansial ( cek saldo, cek rekening koran ) ataupun transaksi finansial ( melakukan pembayaran, transfer uang dan lain sebagainya ) secara online melalui internet, tanpa harus datang ke bank atau mesin atm. Dengan Internet Banking hampir semua kegiatan yang dulunya harus dilakukan dengan datang langsung ke bang atau lewat mesin atm bisa dilakukan dengan mudah dan cepat hanya melalui jaringan Internet. Hal yang tidak bisa dilakukan dengan internet banking adalah transaksi tarik tunai. Untuk mengambil uang tunai anda harus tetap ke bak atau mesin atm.

Banyak sekali kan manfaat dan kemudahan yang di dapat dari Internet Banking, sekarang sudah hampir semua bank di indonesia menyediakan layanan ini. Pada artikel kali ini akan kita bahas tentang bagaimana cara mengaktifkan atau me-registrasi rekening rekening bank bri agar dapat menggunakan Internet Banking.


Ada 2 cara untuk registrasi Internet Banking BRI yaitu melalui mesin atm dan datang langsung ke kantor bank BRI terdekat. Dari dua pilihan tersebut saya lebih menyarankan untuk aktivasi langsung melalui kantor bank BRI terdekat, alasannya adalah jika melakukan aktivasi menggunakan mesin atm Internet banking hanya akan terdaftar untuk transaksi non-finansial saja, belum bisa digunakan untuk transaksi finansial dan jika ingin dapat digunakan untuk transaksi finansial sobat tetap harus datang ke kantor bank BRI untuk mendaftarkan nomor hp yang digunakan untuk mendapatkan nomor mTOKEN. Jadi agar internet banking bisa langsung aktif untuk melakukan transaksi non-finansial dan transaksi finansial sebaiknya anda langsung mendaftarkan internet banking melalui CS bank BRI terdekat.

Untuk mendaftar melalui CS cukuplah mudah

  1. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan yaitu Buku rekening, KTP asli sesuai nama di buku rekening dan Kartu ATM. Tips untuk sobat yang dekat rumahnya hanya ada kantor unit BRI sebaiknya dokumen-dokumen tersebut langsung di fotocopy dahulu sebanyak satu rangkap, untuk yang di dekat rumahnya terdapat bank BRI cabang tidak usah di fc tidak apa-apa karena di kantor cabang pasti punya mesin fotocopy.
  2. Setelah semuanya lengkap silahkan datang ke bank BRI terdekat dan langsung ke bagian CS ( Customer Service ), bilang saja ke pak satpam mau ke CS nanti anda akan diarahkan.
  3. Di CS bilang ke petugas CS mau registrasi internet banking, nanti anda akan diminta syarat-syaratnya berupa dokumen yang tadi sudah disiapkan.
  4. setelah diproses aktivasinya teman-teman akan diminta untuk membuat password untuk internet banking berupa 6 kombinasi angka. dan juga nomor hp untuk mTOKEN.

    nomor mTOKEN adalah nomor pengaman yang digunakan saat teman-teman melakukan transaksi finansial menggunakan internet banking, nomor tersebut akan di kirim ke hp sobat melalui sms setiap sobat melakukan transaksi finansial, untuk lebih jelasnya silahkan baca cara mentransfer uang melalui internet banking BRI.
  5. jika semuanya sudah selesai teman-teman akan diberi username untuk log in ke akun internet banking sobat.
  6. Proses registrasi Internet banking sudah selesai sobat bisa meninggalkan bagian CS.
Setelah registrasi internet banking, perlu dilakukan setting personalisasi profile internet banking sobat yatu mengganti username, password, email dan aktivasi nomor hp yang tadi sudah didaftarkan.

  1. Setting Personalisasi Profile

    buka alamat web ib.bri.co.id, kemudian masuk dengan username dan password yang sudah dibuat. Untuk pertama kali login sobat pasti akan langsung mendapatkan tampilan seperti gambar berikut, silahkan isi user ID sesuai keinginan kemudian klik lanjutkan ubah password kemudian lanjutkan ubah email dan yang terakhir verifikasi alamat email, silahkan sobat cek kotak masuk email disana akan ada pesan dari bri yang berisi kode verifikasi, isikan kode tersebut pada kolom verifikasi kemudian klik verifikasi email.

  2. Aktivasi nomor mtoken
    Silahkan cek pesan pada hp sobat disana akan ada sms dari BRI berisi nomor Aktivasi mTOKEN, jika belum ada coba di tunggu beberapa jam, saat saya melakukan registrasi dulu perlu waktu 2 jam baru nomor aktivasi mTOKEN dikirim ke hp saya.

    jika sudah mendapat nomor mtoken. buka akun internet banking sobat, masuk ke menu Layanan Nasabah  pilih Aktivasi mToken. Masukan nomor aktivasi yang ada pada sms di kolom Nomor Aktivasi, pastikan server ID nya samajika server ID berbeda silahkan klik tombol kirim ulang nomor aktivasi.



    Jika berhasil status aktivasi akan erubah menjadi Registrasi Finansial

Setelah aktivasi mTOKEN berhasil sekarang akun Internet banking sobat sudah bisa digunakan untuk transaksi non-finansial maupun transaksi finansial. Demikian tutorial registrasi internet Banking BRI dan aktivasi nomer mTOKEN semoga dapat bermanfaat, jika ada yang kurang jelas atau ingin di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar atau bisa menghubungi kami melalui form hubungi kami.

Artikel Terkait

2 komentar

Pas mau verivikasi almt email
Kode verivikasinya g terkirim di emsil yg sy tulis
Sampai sy krim berkali2